Sabtu, 27 Oktober 2012

Pengendalian Dan Akuntansi Biaya





Tenaga Kerja : Pengendalian dan Akuntansi Biaya

 Tenaga kerja mewakili kontribusi manusia ke produksi. Dalam banyak organisasi, hal ini merupakan biaya penting yang membutuhkan  pengukuran, pengendalian dan analisis yang sistematis. Biaya tenaga kerja terdiri atas gaji pokok dan tunjangan.

Gaji pokok dan tunjangan merupakan salah satu elemen dalam hubungan dengan karyawan. Catatan yang lengkap dan mudah dimengerti serta siap bila dibutuhkan merupakan hal yang penting bagi hubungan yang harmonis antara manajemen, karyawan, serikat pekerja, pemerintah serta masyarakat umum.
I.             Produktivitas dan Biaya Tenaga Kerja
            Gaji baik langsung maupun tak langsung berhubungan dengan produktivitas dan keahlian dari pekerja. Maka perencanaan, motivasi, pengendalian dan akuntansi untuk biaya tenaga kerja dan produktivitas memadai adalah masalah penting dalam mengelola suatu perusahaan.
            Produktivitas tenaga kerja didefinisikan sebagai suatu ukuran kinerja produksi menggunakan pengeluaran atas usaha manusia sebagai tolak ukurnya. Produktivitas yang lebih besar dapat dicapai dengan membuat proses produksi lebih efisien melalui eliminasi aktivitas yang tak member nilai tambah, memperbaiki dan memodernisasi peralatan serta dengan pendekatan lain yang memperbaiki pemanfaatan sumber daya.
Merencanakan produksi
        Suatu rencana memperbaiki produktivitas sebaiknya memberikan tanggung jawab kepada manajer dalam penerapannya. Selain itu, rencana tersebut sebaiknya konsisten dengan rencana rencana lain yang ada seperti anggaran operasi dan rencana untuk investasi modal, riset, teknologi dan pengembangan karyawan.
Mengukur produktivitas
          Tujuan dari pengukuran produktivitas adalah untuk memberikan indeks yang padat dan akurat untuk berikan hasil actual dengan suatu target atau kinerja standar. Pengukuran produktivitas harus mengakui kontribusi individual atas factor factor seperti karyawan, pabrik, peralatan, produk dan jasa yang digunakan, modal yang diinvestasikan serta pelayanan pemerintah yang digunakan.
Dampak ekonomi dari produktivitas
          Apabila produktivitas meningkat, laba bisnis dan pendapatan riil pekerja juga meningkat. Peningkatan produktivitas memungkinkan masyaraakat untuk peroleh output yang lebih banyak dan lebih baik dari sumber daya yang tersedia dalam perekonomian.
            Jika harga dipertahankan agar tak naik, maka peningkatan upah harus mencerminkan pengurangan biaya per unit yang disebabkan oleh peningkatan produktivitas. Apabila biaya upah, gaji dan tunjngan meningkat lebih besar darioutput atau produksi per jam tenaga kerja, akibatnya adalah inflasi yakni harga yang lebih tinggi untuk menutup biaya per unit yang juga lebih tinggi.
Meningkatkan produktivitas dengan manajemen yang lebih baik atas sumber daya manusia
          Pengelolaaan yang lebih baikatas sumber daya manusia menawarkan prospek peningkatan produktivitas dan kualitas produk dengan cara memberdayakan pekerja untuk berpartisipasi secara lebih langsung dalam manajemen atas pekerjaan mereka. Yang diperlukan oleh manajemen adalah perspektif yang kontinu dan berjangka panjang. Empat asumsi dasar yang merupakan karakteristik dari manajemen sumber daya manusia yang lebih baik:
  1. Orang yang lakukan pekerjaan terewbut adalah orang yang paling memiliki kualifikasi untuk memperbaikinya
  2. Pengambilan keputusan sebaiknya terjadi di tingkat paling bawah yang memungkinkan
  3. Partisipasi pekerja tingkatkan kepuasan kerja dan komitmen atas tujuan perusahaan
  4. Ada sejumlah besar ide yang dimiliki oleh pekerja yang menunggu untuk disetuh
Secara singkat, produktivitas dan biaya yng terkait mengharuskan perencanaan dan pengukkuran yang hati hati jika dampak ekonominya ingin dikendalikan dengan efektif. Manajemen yang lebih baik atas SDM merupakan keharusan penting untuk tingkatkan produktivitas

II.           Rencana pemberian intensif
          Rencana pemberian intensif memberikan penghargaan bagi pekerja secara proporsional terhadap peningkatan output yang berkualitas tinggi. Agar daapt berhasil renscana pemberian intensif harus;
  1. Dapat diterapkan dalam situasi di mana pekerja dapat tingkatkan output
  2. Menyediakan lebih banyak upah yang besarnya proporsional terhadap output yang melebihi standar
  3. Menetapkan standar yang adil hingga usaha tambahan akan menghasilkan pembayaran bonus.
  4. Rencana tersebut harus sederhana dan dapat dimengerti
Tujuan rencaana pemberian intensif
Tujuan utama dari rencaana pemberian intensif adalah untuk merangsang pekerja agar memproduksi lebih banyak, hingga mereka memperoleh lebih banyak upah, tetapi pada saat bersamaan tambahan output tersebut mengurangi biaya per unit.
Tipe rencana pemberian intensif
i.              Rencana Unit Kerja Langsung (Straight Piecework Plan)
Rencana Unit Kerja Langsung adalah salah satu rencana pemberian intensif paling sederhana, yaitu membayar upah di atas tariff dasar untuk produksi di atas standar. Standar produksi dihitung dalam jumlah unit per menit dan kemudian diterjemahkan menjadi jumlah dolar yang dibayarkan per unit. Meskipun tariff per menit mencerminkan hubungan sebaba akibat yang nyata antara output dan upah, insentif ini hanay efektif apabila pekerja dapat mengendalikan tariff output individual,tariff per unit takan efektif apabila output dipengaruhi mesin, misalnya.
ii.            Rencana Bonus Seratus Persen (One hundred percent bonus plan)
Rencana Bonus Seratus Persen merupakan suatu variasi dari rencana unit kerja langsung. Rencana ini berbeda dalam hal dimana standar tidak dinyatakan dalam uang tetapi dalam waktu per unit output.. bukan menggunakan suatu harga per unit tetapi melainkan mengugunakan waktu standar yang diperbolehkan untuk selesaikan satu unit dan pekerja dibayar berdasarkan waktu standar dikalikan tariff per jam jika unit diselesaikan sesuai dengan standar atau lebih sedikit.

iii.           Rencana Bonus Kelompok (Group bonus plan)
Rencana Bonus Kelompok, seperti rencana yang didesain untuk pemberian intensif individual memicu produksi dengan tariff di atas standar. Setiap pekerja dalam kelompok menerima tariff per jam untuk produksi sampai sesuai dengan jumlah output standar. Biasanya bonus yang diperoleh oleh kelompok dibagi diantara anggota anggota kelompok sesuai dengan tariff dasar mereka.
iv.           Rencana Intensif Organisasi
Fitur utama dari Rencana Intensif Organisasi adaalah semua individu memiliki kapasitas untuk memberikan kontribusi yang berharga bagi suatu organisasi. Terkandung dalam rencana ini adalah gaya manajemen yang berpusat pada karyawan yang menekankan pada keterlibatan dan partisipasi dari seluruh karyawan.

III.          Pengaturan Akuntansi untuk Biaya tenaga Kerja dan Pengendalian
Akuntansi biaya tenaga kerja termasuk berikut ini:
  1. Sejarah kerja dari setiap pekerja, seperti tanggal dipekerjakan, tingkat uopah, penugasan awal , promosi, kenaikan gaji serta waktu cuci.
  2. Informasi yang diperlukan untuk memenuhi kontrak serikat kerja, hokum jaminan social, peraturan upah dan jjam, pajak penghasilan ditahan.
  3. Waktu kerja dan biaya standar
  4. Jam kerja setiap karyawan, tingkat upah dan total pendapatan untuk setiap periode penggajian
  5. Perhitungan potongan dari upah kotor untuk setiap karyawan
  6. Output atau pencapaian dari setiap karyawan
  7. Jumlah biaya dan jam dari tenaga kerja tidak langsung maupun tenaga kerja langsung yang akan dibebankan ke setiap pesanan, lot, process atau department untuk setiap periode
  8. Total biaya tenaga kerja di setiap department untuk setiap periode
  9. Dana komulatif atas potongan pendapatan dan gaji untuk setiap karyawan
Prinsip dan tujuan dari akuntansi biaya tenaga kerja adlah relative sederhana. Sebaliknya, menetapkan prinsip ini dapat saja menjadi sulit jika jumlah pekerja banyak atau jikla pekerja berpim\ndah dari sati jenis pekerjaaan ke jenis pekerjaaan lainnya. Langkah langkah dalam akuntansi untuk biaya tyenaga kerja ditunjukan sebagai berikut;



 
Akuntansi Keuangan
Suatu catatan dari total waktu kerja dan total jumlah yang diperoleh oleh setiap pekerja disimpan

Jumlah pendapaatan harian atau mingguan yang diperoleh setiap pekerja dimasukkan dalam catatan gaji.

Setiap periode penggajian, total jumlah upah yang terutang kepekerja menghasilkan ayat jurnal berikut;

Debit      Kredit
Beban gaji                           xxx
   Utang Pph karyawan      xxx
   Utang pajak FICA                            xxx
   Gaji yang msh hrs dibayar             xxx


Akuntansi Biaya
Suatu catatan dari waktu kerja untuk setiap pesanaan, proses atau departemen oleh setiap pekerja serta biaya yang terkait disimpan.

Jumlah jam dan biaya tenaga kerja langsung dimasukkan dalam kartu biaya pesanan atau laporan biaya produksi; biaya tenaga kerja tidak langsumg dimasukkan dalam kertas kerja analisis beban departemental.

Jurnal mingguan atau bulanan untuk distribusi biaya kerja adalah sebagai berikut;

                    Bk.
            Pembantu                   debit          kredit
Barang dalam proses                                                                                                xxx
Pengendali Ovhd.pabrik                                                                                             xxx
   Tenaga kerja             xxx
   tidak langsung
Beban Gaji                                                                                                                              xxx



Department department yang terlibat dalam perhitungan biaya tenaga kerja termasuk department personalia, department perencanaan produksi, department pencatat waktu, department penggajian dan department biaya.

Department Personalia
Fungsi utama dari suatu department personalia adlah untuk menyediakan tenaga kerja yang efisien dan memastikan bahwa seluruh organisasi mengikuti kebijakan personalia yang sesuai. Fungsi department persona;lia meliputi perekrutan , penyewaan, pelatihan, penilaian, konseling pensiun, pemutusan hubungan kerja dan penempatan ke luar.

Department Perencanaan Produksi
Department perencanaan produksi bertanggung jawab untuk menjadwalkan pekerjaan, dan memberikan perintah kerja ke department produksi, mengeluarkan bahan baku, mengeluarkan kartu jam kerja, mengecek atas penundaan barang.

Department pencatatan waktu
Fungsi utama dari department pencatatan waktu adalah memastikan adanya catatan yang akurrat atas waktu kerja setiap karyawan, melakukan patrol di lantai produksi, mengecek jam pada mesin absensi dengan jam pada waktu kerja, melaporkan absensi dan karyawan yang terlambat. Pencatatan waktu akurat biasanya dicapai dengan;
  1. Kartu absen yang menyediakan bukti yang dapat diandalkan atas kehadiran karyawan di pabrik dari wkatu masuk sampai waktu pulang
  2. Kartu jam kerja atau kartu pesanan untuk pastikan informasi atas jenis dan lama pekerjaan yang dilakukan.
Kedua dokumen diawasi, dikendaliakan dan dikumpulkan oleh department pencatat waktu.

Department Penggajian
          Department penggajian bertugas untuk menghitung pembayaran gaji karyawan, menyiapkan penggajian (termasuk ayat jurnal) dan cek pembayaran gaji, menyiapkan cataatan pendapatan karyawan, menyiapkan distribusi biaya tenaga kerja.

Department penghitung biaya
          Berdasarkan ikhtisar distribusi biaya tenaga kerja atau kartu jam kerja, department biaya mencatat biaya Tenaga kerja langsung pada kartu biaya pesanan atau laporan produksidepartemental, serta mencatat biaya Tenaga kerja tidak langsung  pada catatan overhead departmental yang terperinci

3 komentar:

  1. Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya menuntun saya kepada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dipercaya, lalu dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman dari dia, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang telah kamu dengar tetapi aku adalah saksi dan jika aku mengatakan kebohongan semoga ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Ny. Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM hanya menghubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi pada nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus